Rabu, 09 Mei 2012

FI’IL AMAR
 A.     Pendahuluan
Di dalam berbahasa Arab itu ada kata kerja (fi’il) dan fi’il itu dibagi juga berdasarkan waktunya seperti waktu kejadiannya yang lampau ( الما ض ), sedang atau akan (المضارع), dan perintah ( الامر ).
Jadi untuk mempermudah kita dalam berbahasa Arab kita harus mengetahui penggunaan kata kerja tersebut dan supaya kita lebih mudah mengetahuinya, bahwa fi’il madhi itu difatahkan akhirnya selama-lama, dan fi’il mudhari’ itu bertambahnya huruf انيت, sedangkan fi’il amarnya itulah yang akan kita bahas didalam makalah ini.
Jadi, penulis menyadari pasti ada kesalahan dan kejanggalan yang terdapat di dalam makalah ini, karena tidak ada gading yang tak retak. Untuk itu penulis sangat besar harapannya kepada para pembaca khususnya dosen pembimbing mata kuliah ini, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan kedepan. Dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

B.     Pengertian Fi’il Amr
وامر يعرف بدلالته على الطلب وقبوله يا ء المخاطبة المؤنثة
Fi’il amar dapat diketahui dengan menunjukkan arti thalab (tuntutan) dan sering disisipi ya muannats mukhathabah.[1]
وامر ما دل على حدث فى المستقبل وعلا مته ان يقبل ياء المؤنثة المخاطبة ويدل على الطلب. نحو :
 اضرب فصار اضربي          
انصر فصار انصري             
انظر فصار انظري               
اجلس فصار اجلسي              
Dan amr ialah lafazh yang menunjukkan kejadian (perbuatan) pada masa yang akan datang, alamatnya ialah sering diberi ya muannats mukhatabah dan menunjukkan makna thalab (tuntutan).[2]
Contoh :اضرب   menjadi   اضربي
انصر  menjadi  انصري                                                          
 انظر  menjadi   انظري  
اجلس   menjadi    اجلسي

C.     Tanda Fi’il Amr
  1. (والامر مجزوم ابدا) يعنى انه مبني على السكون التسبيه بالجزم
Dan Fi’il amr itu majzum selamanya, yaitu huruf akhirnya mati, yakni fi’il amr itu mabni sukun yang menyerupai jajam.
Contoh:[3]يفتح ـ افتح  
يجلس ـ اجلس   
ينصر ـ انصر   
يعلم ـ اعلم   
يحسب ـ احسب  
يذهب ـ اذهب  
يرجع ـ ارجع  
يكتب ـ اكتب   
  1. Dan apabila fi’il itu mu’tal akhir dengan alif, waw, atau ya, maka mabni membuang huruf illat. Yaitu: ا, و  dan  ي
Contoh:[4]        يرمى ـ ارم 
يدعو ـ   ادع
يخشى ـ  اخش
يبكى ـ    ابك
ينهى  ـ     انه
  1. Dan jika bersambung padanya alif tatsniyah, wawu jama’ah atau ya muannatsah mukhatabah, dia mabni membuang nun.[5]
Contoh:                   اضربي ـ اضربوا ـ اضربا
اجلسي ـ اجلسوا ـ اجلسا
اكتبي ـ اكتبوا ـ اكتبا           
  1. Dan jika bersambung dengan nun taukid, maka mabni fatah.
Contoh:     اضربن
اضربن

D.    Cara-Cara Pembentukan Fi’il Amr
  1. Fi’il Madhi Tiga Huruf.[6]
فعل الامر
فعل المضارع
فعل الماض
انصر
ينصر
نصر
انزل
ينزل
نزل
ابلغ
يبلغ
بلغ
اعمن
يعمن
عمن

يحسن
حسن
اشرب
يشرب
شرب

Dari contoh keenam diatas dapat diketahui bahwa bentuk fi’il amr ( فعل امر  ) dari:
a.       Bentuk dari fi’il mudhari’ dengan menambah huruf hamzah sebelum fa fi’il, dan mendapat tanda baca yang terdapat pada “ain fi’il dari mudhari’. Kemudian lam fi’ilnya mendapat tanda baca sukun.
Contoh:     ينصر ـ  انصر
              يجلس ـ  اجلس
              يحسب ـ احسب
b.      Dan jika ‘ain fi;il mudhari’nya berbaris fathah, maka hamzah tambahan sebelum fa fi’il diberi tanda baca kasrah ( كسرة  )
Contoh:      يفتح ـ افتح
              يشرب ـ  اشرب
              يبلغ ـ ابلغ
ينصرـ انصر                 
              يقرأ ـ إقرأ      
  1. Fi’il Madhi Mazid
امر
مضارع
ماض
فرح
يفرح
فرح
ضارب
يضارب
ضارب
تقطع
يتقطع
تقطع
تقاتل
يتقاتل
تقاتل
a.       Dari contoh diatas berarti cara membuat fi’il amrnya yaitu dengan membuang huruf mudhara’ahnya dan menjazamkan lam fi’ilnya.
b.      Bila huruf tambahannya dimulai dengan hamzah washal, maka tanda bacanya disesuaikan dengan tanda baca ‘ain fi’ilnya.
Contoh:   
امر
مضارع
ماض
استغفر
يستغفر
استغفر
استخرج
يستخرج
استخرج
اجتمع
يجتمع
اجتمع

c.       Bila huruf tambahannya hamzah qath’i, yaitu hamzah yang harus dibaca dengan bunyi a walaupun didepannya ada huruf lain, maka hamzahnya tetap difatahkan.[7]
Contoh:     أكرم ـ يكرم ـ أكرم
              أنزل ـ ينزل ـ أنزل
E.     Tasrip Fi’il Amr
Jenis Kalimat
جمع
مثنى
مفرد
B. Kalimat
مخاطب
اكتبوا
اكتبا
اكتب
مذكر
مخاطبة
اكتبن
اكتبا
اكتبي
مؤنث

F.      Kesimpulan
Fi’il amr itu ialah kata kerja yang menunjukkan masa yang akan datang dan menunjukkan arti tuntutan.
Contohnya:
اضرب  Pukullah bisa menjadi   اضربي  pukullah (oleh perempuan).
Dan fi’il amr itu bisa digunakan kepada laki-laki an perempuan.
Adapun tanda fi’il amr itu antara lain:
  1. Dijazamkan akhirnya selama-lama. Selama tidak ada padanya mu’tal akhir, seperti  ا, و, ي dan tidak ada padanya alif tatsniyah ataupun wawu jama’ah.
  2. Jika fi’ilnya mu’tal akhir maka dibuanglah huruf illatnya.
  3.  Jika bersambung dengan alif tatsniyah atau wawu jama’ah maka dibuanglah huruf nunnya.
 





افعل, انصر, انظر                     ادع, انه, ارم                       اضربو, اضربا
Dan cara pengambilan fi’il amr itu ialah:
1.      Jika fi’ilnya itu sitiga huruf tidak ada tambahan, maka diambil dari fi’il mudhari’, yaitu dengan membuang huruf mudhari’nya dan dengan menambah hamzah sebelum fa fi’ilnya dan dibarisi dengan baris yang sama dengan ‘ain fi;ilnya dan bila mana‘ain fi’ilnya berbaris fatah maka hamzahnya dibarisi dengan kasrah.
Contoh:     ينصر ـ انصر
يفتح ـ افتح                                           
2.      Jika fi’ilnya lebih dari tiga huruf, maka caranya ialah dengan membuang huruf mudhari’nya dan menjazamkan lam fi’ilnya.
Contoh:    يضارب ـ ضارب
3.      Jika huruf tambahannya dengan hamzah washal, maka barisnya disesuaikan dengan ‘ain fi’ilnya dan dijazamkan lam fi’ilnya.
Contoh:   يستغفر ـ استغفر
4.      Jika huruf tambahannya ialah hamzah qath’I, maka hamzahnya itu tetap dibarisi dengan fatah. Seperti:  يكرم ـ أكرم
DAFTAR PUSTAKA

Anwar, Kiti. Moch. Ilmu Nahwu, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2006.
Aroa’ini, Syekh Syamsuddin Muhammad. Ilmu Nahwu Terjemahan Mutammimah Al-Jurumiyyah, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005.
Hasibuan, Armyn. Buku Pedoman Bahasa Arab Untuk Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Padangasidimpuan, Sidimpuan: IAIN Padangsidimpuan.
Pedoman Dasar Nahwu Terjemahan Mukhtashar Jiddan, Jakarta: Darul Ulum Pres, 1996.
Purwanto, Agus. Pintar Membaca Arab Gundul Dengan Metode Hikari, Bandung: Mizania, 2010.




[1]Syekh Syamsuddin Muhammad Aroa’ini, Ilmu Nahwu Terjemahan Mutammimah Al-Jurumiyyah, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005), hlm. 9.
[2]Kiti. Moch Anwar, Ilmu Nahwu, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2006), hlm. 56.
[3]Agus Purwanto, Pintar Membaca Arab Gundul Dengan Metode Hikari, (Bandung: Mizania, 2010), hlm. 98.
[4]Pedoman Dasar Nahwu Terjemahan Mukhtashar Jiddan, (Jakarta: Darul Ulum Pres, 1996), hlm. 58.
[5]Op. Cit. 53.
[6]Armyn Hasibuan, Buku Pedoman Bahasa Arab Untuk Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Padangasidimpuan, (Sidimpuan: IAIN Padangsidimpuan), hlm. 4.
[7]Ibid., hlm. 18.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar